Jumat, 22 Mei 2009

Rekapitulasi UAS (part one)

Haloooooo . . .
Para pembaca blog gue yang (berusaha) setia membaca.
Maaf yah udah lama ga posting, soalnya masih beberapa hari yang lalu gue masih menjalani Ujian Akhir Semester (UAS).


Yap. UAS. U - A - S.
UAS menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh manusia. Termasuk gue salah satunya.
UAS itu bagaikan hari eksekusi. Orang-orang banyak melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi UAS.


Lalu elo gimana dalam menghadapi UAS ? ? ?


Makanya, pada postingan kali ini gue berniat untuk mencurahkan segala macam yang terjadi selama UAS dari tanggal 18 Mei - 22 Mei 2009.


Hari ke-1 (18 Mei 2009)
Mata Kuliah : Sistem Politik Indonesia & Sejarah Indonesia


Persiapan :
Sebelum memulai kegiatan belajar, pertama-tama gue harus senang-senang dulu. Salah satu caranya ialah Menonton Film. Walhasil, H-1 gue bersama teman menonton gue, menonton film Angels and Demons. Filmnya bagus. Wajib ditonton deh. Much better than Da Vinci Code.

Akhirnya setelah puas menunaikan ritual di akhir minggu, gue kemudian belajar.
Untuk SPI, gue berpegangan ama slide-slide yang diberikan oleh sang dosen sama mengikuti perkembangan politik minggu ini yaitu dengan cara baca koran dan nonton tv.
Dan untuk SI, gue tidak lain dan tidak bukan bertumpu pada suatu kitab (baca: buku) bernama INSYAALLAH BESTSELLER. Sumpah, ini buku cihui abis soalnya membantu banget waktu UMB dan UTS kemaren. *huahahaha!

Tapi muncullah sebuah gangguan pas gue berniat tidur. Ganggguan itu adalah adanya Pirates of Carribean di RCTI jam 10 malem. Tapi berhubung ada pepatah mengatakan bahwa :
"JANGAN BIARKAN UAS MENGGANGGU KESENANGAN"
Mengingat pepatah itu otomatis gue nonton ampe jam 1 pagi dan diikuti dengan browsing 1 jam.


Pelaksanaan :
Hari pertama UAS gue, gue memulainya dengan MENGARANG BEBAS TIADA TARA. Untung aja gue masuk di FISIP yang notabene kebanyakan soal UAS-nya diawali dengan kata "jelaskan . . ." dan "bagaimana . . ." Jadinya gue bisa jawab dengan sebanyak-banyaknya.

Pas SPI, gue jawabnya kebanyakan ngalor-ngidul ga jelas. Ditanya bagaimana kebijakan pemerintah terhadap politik global, gue jawabnya dengan cara melakukan pemadaman listrik 1 jam tiap 1 minggu. Sangat tidak nyambung sekali bukan?
Dan untuk SI, gue agak bisa dalam mengerjakan karena buku ajaib gue menolong gue kembali.



Hari Ke-2 (19 Mei 2009)
Mata Kuliah : MPK Agama Islam


Persiapan :
Untuk persiapan UAS Agama Islam kali ini tergolong kacau. Why oh Why ? Karena gue malah dateng ke acara surprise ulang tahun temen SMA gue. Di sana kita ( gue dan temen-temen gue) siram-siraman, ceplok-ceplokan telor, ngegosip dan maen semprot-semprotan pewarna rambut. Dan gue menjadi salah satu korbannya. Jadi bayangin aja, rambut gue yang kribo diwarnain merah alay?

RAMBUT KRIBO + CAT MERAH ALAY = Gulali Man

Sebalik dari acara itu, badan gue amat capek+bau banget. Alhasil gue cuma baca buku berjudul "Menjadi Cendikiawan Muslim" sebisanya aja. Yang penting usaha!


Pelaksanaan :
Untuk hari kedua, gue lagi-lagi mengarang bebas. Untung tema yang diomongin cukup seru, yaitu Ponari. Tapi gue cukup seneng karena materi yang semalem gue baca dalam keadaan setengah sadar ternyata keluar. Yaitu tentang keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah. Perlukah gue jelasin ? Pasti jawabannya 100% tidak.



Hari Ke-3 (20 Mei 2009)
Mata Kuliah : MPK Bahasa Inggris & Sistem Budaya Indonesia


Persiapan :
Persiapan kali ini, seenggaknya cukup ada peningkatan tapi ada sedikit urusan mendadak karena ternyata gue ada janji ama mantan gue, Anitha. Gue harus mengajarkan dia pelajaran akuntansi dasar. Tapi ternyata pas di rumahnya, bukannya belajar eh malah becanda ama ngegosip.
Untuk B.Inggris, gue ga belajar sama sekali karena gue-ga-tau-mau-belajar-apa. Tapi kalo untuk SBI, gue belajar dari makalah tiap kelompok dan membaca buku tentang Sistem Budaya Indonesia.


Pelaksanaan :
Gue benci banget untuk UAS kali ini. Gue dateng telat pas UAS B.Inggris selama 30 menit gara-gara ketinggalan bus. Udah gitu pengawasnya kayak eek abis. Sok-sok galak. Muka boleh ganteng kayak Ari Wibowo, tapi ternyata perilakunya kayak banci. Iiihh sebel abis eyke. Pengen cubit dech! *lho?! siapa yang banci nih?
Dan pas SBI, seperti biasa, gue mengarang bebas dengan indahnya. Gue jawab aja yang menurut gue masuk akal.



Hari Ke-4 (22 Mei 2009)
Mata Kuliah : Sistem ekonomi Indonesia


Persiapan :
Ini persiapan paling kacau. Bayangin aja, gue baru pulang dari kampus pas adzan shubuh. Gue selama 1 hari penuh nemenin temen-temen kampus gue nonton di hotel Crowne Plaza abis itu midnight di bioskop terus makan-makan. Tapi gue senang kok. *hahaha!
Namun demi menutup pekan UAS kali ini dengan hasil yang cukup bagus. Gue akhirnya belajar dengan penuh birahi tinggi. Berhubung nyokap gue dosen ekonomi, akhirnya gue belajar ama nyokap gue. Selain itu, gue juga dengerin diskusi Pak SBY di TV One sebagai salah satu sumber bahan buat belajar.


Pelaksanaan :
Ada peningkatan yang cukup signifikan. Gue agak pede waktu ngerjain, meskipun ga tau bener apa enggak. Untuk soal esai, gue tumben-tumbenan ngejawab sebanyak 3 halaman. Dan yang paling gue senang, ternyata materi-materi yang diajarin nyokap dan yang gue tonton di TV banyak yang keluar.


Itulah rekapitulasi UAS gue selama sepekan. Sebenernya ada masih ada 2 mata kuliah lagi yang belom UAS, yaitu SHI ama SSI, yang rencanaya akan diadakan minggu depan (28 Mei 2009).
Hampir sebagian besar, gue jawab dengan cara mengarang bebas bertanggung jawab (baca : masuh masuk akal).
Yang pasti UAS kali ini melatih otot tangan gue banget deh!


Sekian postingan dari gue.


CUPCUPWAUWAU

2 komentar:

Unknown mengatakan...

gue tau tu dis yang ngawas mpk inggris lo.emang eek bgt deh tu anak sosio 06. dia jg sering ngawasin gue,terutama stiap ujian pie dan sei untung pas uas sei kmrn dy g ngawas.zzzz*#*@&/%$

Boim Harvens mengatakan...

iya dil. eek abis tuh orang, gue kan telat yah, seengaknya jangan makin bikin gue stress. !@%&^*()()_++<>?<:L#^%